Kedudukan Bahasa Arab

Bahasa Arab yang merupakan bahasa yang kaya dengan keindahan bahasanya bisa dipertahankan apabila kita semua mau mempelajari, memahami dan mendalami bahasa Arab seutuhnya.

Kedudukan bahasa arab ada tiga:

1. Bahasa komunikasi
Bahasa arab sebagai alat komunikasi sehari-hari bagi penduduk di negara-negara arab (bahasa arab sebagai bahasa ibu), dan tidak hanya digunakan oleh orang muslim saja melainkan juga digunakan oleh non-muslim, artinya bahasa arab sebagai bahasa kesatuan bagi Negara-negara arab.

2. Bahasa Agama

Diriwayatkan oleh umar ibnu khattab :

اَحْرِصُوْا عَلَى تَعَلُّمِ الّلغَةِ العربيَةِ فإِنّهُ جُزْءٌ مِن دِينِكمْ *عمر ابن خطاب

“bersemangatlah dalam mempelajari bahasa arab, karena sesungguhnya bahasa arab adalah sebagian dari agamamu”. Umat islam mempunyai pedoman sebagai pedoman hidup yang berbahasa arab yaitu Al-Qur’an, Al-Hadits dan Kitab-kitab lainnya.

3. Bahasa komunikasi international

Bahasa arab tidak hanya sebagai alat komunikasi di negara-negara arab dan tidak hanya sebagai bahasa agama bagi umat islam, namun juga sebagai alat komunikasi internatioal yang diresmikan oleh PBB no.3190-D28 dalam sidang umum no. 2206-desember 1973,

Oleh karena itu bahasa arab sebagai alat komunikasi dan penghubung dalam pergaulan manusia dengan bangsa tertentu (antar negara)

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

 
 
 
Blue Wings - Handwriting
 
Copyright © GAPURA NEWS