Belajar dan pembelajaran

Belajar sangat penting bagi kehidupan manusia, belajar merupakan kebutuhan hidup untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat dan merupakan tuntutan mengahadapi kemajuan zaman. Tanpa belajar hidup ini tidak ada artinya.

1)Arti dari belajar itu sendiri menurut Prof. DR. Winarno Surakhmad antar lain:
Belajar adalah proses yang terjadi dalam otak manusia, di mana ada syaraf dan sel-sel otak yang bekerja mengumpulakan apa yang dilihat oleh mata, di dengar oleh telinga, dan lain-lain.
Belajar itu selalu merupakan satu proses dalam diri manusia yan selalu melibatkan segi jasmani maupun rohani dan melahirkan perubahan sebagai hasil dari proses itu.


2)Berikut ini beberapa alasan kita harus belajar:
Belajar merupakan suatu kewajiban.
Jadi, belajar itu suatu kewajiban untuk bisa hidup, selanjutnya kita belajar lebih sistematis untuk memilih hidup yang kita inginkan
Ilmu sangat menarik.
Bagitu luas ilmu yang dapat kita gali, bagitu banyak yang tidak kita ketahui pantaslah Allah berfirman “Jika seandainya semua batang kayu yang ada di muka bumi ini dijadikan pena dan seluruh air di lautan di jadikan tinta; maka semua itu akan habis sebelum ilmu Allah habis di tulis- Meskipun di tambah lagi (pena dan tinta)dengan sejumlah itu”. Jadi, betapa menariknya ilmu-ilmu Allah yang belum kita ketahui sehingga kita perlu belajar lebih mendalam untuk menemukan ilmu-ilmu yang belum kita ketahui.
Jika pendidikan rakyat tinggi maka rakyat maju.
Seperti Negara-negara maju yang memegang kekuasaan dunia khususnya dibidang teknologi seperti Amerika Serikat, Jepang, Korsel, dan lain-lain. Mereka itu bermodalkan pendidikan yang tinggi hal ini dapat di nilai dari banyaknya professor handal yang bisa menciptakan karya-karyanya.
Jika pendidikan tinggi maka pendapatan tinggi.
Jadi, pendidikan sangat menentukan penghasilan untuk hidup. Dapat kita contohkan seorang direktur Bank tentu penghasilannya lebih banyak dari pada seorang kuli batu.
Jika pendidikan tinggi maka kelas sosial tinggi.
Coba kita perhatikan di sekitar kita bahwasanya seseorang yang mempunyai pengetahuan yang tinggi maka akan disegani oleh masyarakat.

3)Dalam belajar kita seharusnya memahami tata cara belajar yang baik, secara umum antara lain:
Melakukan perencanaan.
Dalam perencanaan ini kita menentukan target belajar, menentukan waktu yang efektif, membut jadwal, dan lain-lain.
Menerima pelajaran di manapun.
Belajar tidak hanya di kelas, dimanapun kita ada sebenarnya banyak hal-hal yang mengandung pelajaran yang bisa kita pelajari.
Mengerti bukan menghafal.
Mengahafal memang masih merupakan bagian penting dalam belajar, namun salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah bahwa siswa selulu menghafal tanpa ia mengerti apa yang dihafalnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

 
 
 
Blue Wings - Handwriting
 
Copyright © GAPURA NEWS