Mengefiensikan Waktu

Terlebih dahulu kita pahami efisiensi yaitu ketepatan (cara) dalam menjalankan suatu kegiatan atau kamampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat.

Adapun arti dari waktu itu sendiri yaitu batas; Proses kelanjutan antara awal dan akhir. Sedangkan yang disebut mengefisiensikan waktu adalah upaya mengatur waktu atau menggunakan dengan baik dan tepat agar semua pekerjaan dapat terselesaikan sesuai dengan yang kita harapkan.

Teman-teman, ada dua alasan mendasar mengapa waktu bagitu penting bagi kehidupan manusia. (1) waktu adalah kesempatan yang tidak mungkin dapat kembali lagi. (2) Kegiatan kita biasanya lebih banyak dari pada waktu yang tersedia, kita harus dapat mengolah dan memamfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Waktu itu lebih tajam dari tajamnya pedang barang siapa yang bisa menggunakan waktunya dengan benar maka ia akan mendapatkan tujuan yang ia organisir dan barang siapa yang teledor dan main-main dengan waktu (tidak bisa menggunakan waktu dengan baik) maka ia akan teluka pada hidupnya karena kegagalan akan bersamanya.

Karakteristik waktu secara umum adalah:
Kecepatan waktu selalu konstan (tetap) yaitu satu hari terdiri 24 jam, satu jam 60 menit, dan satu menit terdiri 60 detik, dimanapun berada perhitungannya akan selalu sama.
Waktu terus berlalu dan maju, jika waktu lalu ada renteten kejadian yang menyertainya maka, sekarang hanya sabagai kenangan. Tak mungkin waktu lampau akan kembali, bagitu juga waktu yang akan datang menjadi waktu kini.
Waktu yang akan datang hanya rentetan harapan yang kita rencanakan di waktu kini.
Waktu terus berlalu dan maju, hidup kita pun harus terus berjalan dan maju.

Tujuh prinsip kreatif membagi waktu menurut DR. Jan Yager dalam artikel Moh Yasin. Disingkat menjadi
DO IT NOW.
D:Divide (bagi-bagilah tugas).
O:Organize (atur bagaimana melaksanakannya).
I:Ignore (abaikan gangguan).
T:Take (ambil kesempatan).
N:Now (sekarang harus dijalankan).
O:Opportunity (gunakan kesempatan).
W:Witch/allert with time (waspada dengan waktu).

Jika kita bisa dan membiasakan menggunakan waktu dengan benar maka sebenarnya kita telah menyusun dan mempersiapkan kesuksesan pada masa yang akan dating. Apa yang kita rasakan/alami pada saat ini adalah dampak pada pekerjaan yang lalu, dan nasib kita diwaktu yang akan datang itu ditentukan dari apa yang telah kita kerjakan pada saat ini.

Dalam hadits nabi telah sisinggung tentang waktu:
“Manfaatkan lima hal sebelum datang lima hal yang lain, 1) Muda sebelum Tua, 2) Sehat sebelum Sakit, 3) Kaya sebelum Miskin, 4) Waktu luang sebelum Sibuk, 5) Hidup sebelum Mati”.

Sudah lebih jelas bahwa mengatur waktu itu sangatlah penting agar kita bisa mendaptkan kebahagiaan dan ketenangan pada waktu yang akan datang.

Tips-tips tentang mengefisiensikan waktu:
1.Mangatur jadwal kerja,
2.Disiplin dengan jadwal kerja tersebut,
3.Memotivasi diri untuk selalu bersemangat dalam menjalankan segala sesuatu,
4.Walaupun dikejar target, namun isi otak harus tetap relaks,
5.Tetap tenang dan fokus agar dapat selalu terarah pada target yang akan kita capai,
6.Berusaha sebaik mungkin dan jangan menyerah sebelum selesai.

Dalam dalam artikel Moh Yasin Tips-tips membagi waktu yang tepat dari george Mason University yaitu sebagai berikut:

Perhatikan jadwal harian.
Ada beragam jadwal waktu yang sesuai dengan kepribadian kita. Bagitu kita memutuskan satu gaya tertentu, langkah berikut membentuknya. Yang paling baik sisakan sedikit waktu untuk istirahat.

Jangan menjada perfeksionis.
Berusahalah menjadi orang yang sempurna yang siap menghadapi kekalahan, tidak ada orang yang sempurna. Kita butuh tujuan yang dapat dicapai dengan kemampuan yang ada. Tugas-tugas sulit biasanya berahir dengan penolakan dan penundaan.

Belajarlah berkata tidak.
Misalnya, teman dekat, do’i mengajak jalan-jalan, nonton dan lain-lain. Tapi sebenarnya kita tidak tertarik atau kita punyak tugas yang lebih penting, maka katakanlah “tidak” dengan kata yang sopan dan tidak menyinggung perasaan.

Belajar menentukan preoritas.
Sangat penting melakukan prioritas pada tanggungjawab dan kesempatan yang telah dicapai. Orang yang tidak tahu bagaimana melakukan prioritas bakal menjadi orang yang gemar menunda-nunda pekerjaan.

Gabungkan sejumlah aktivitas.
Bila memungkinkan, gabungkan sejumlah aktivitas dalam satu waktu.

Adaptasi diri.
Setelah penjadwalan sukses dilakukan, maka kita tinggal berusaha keras beradaptasi (menyesuaikan diri) dalam aktivitas yang telah dilakukan (membiasakan)..

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

 
 
 
Blue Wings - Handwriting
 
Copyright © GAPURA NEWS