POLA PIKIR YANG KELIRU

Sering kita temui kekeliruan berfikir disekeliling kita, bahkan kita sendiri melakukannya tanpa kita menyadarinya, hal seperti ini karena kebiasaan kita dalam menggunakan kalimat yang kurang mampu memperhatikan arti dan maksud dari kalimat yang kita ungkapkan.


Pada pembahasan ini saya akan mengangkat satu topik yang berkaitan dengan kekeliruan pola berfikir kita yang disebut overgeneralis yang termasuk Fallacy Of Dramatics Instance yaitu menyimpulkan sesuatu yang besar dari sampel yang kecil (achmadfaris.webblog). dalam pola fikir kita sering menyimpulkan bahwa sikap/perilaku seseorang akan memberikan informasi tentang watak, karakter, cerminan dll dalam suatu kelompok, padahal tidak selamanya demikian dan itu tidak benar.



Misal: “Mahasiswa sukanya demo, dalam demonya bertindak anarkis” jika ada ungkapan tersebut maka secara kesimpulan bahwa seluruh mahasiswa senang dan suka berdemo dengan anarkis, padahal tidak seluruh mahasiswa yang demikian bahkan ada juga mahasiswa yang benci akan hal tersebut.

Dalam contoh kedua tak jarang juga kita mengatakan “orang pesisir hitam-hitam dan keras-keras” jika ada pernyataan semacam itu maka akan disimpulkan secara otomatis bahwa semua orang yang hidup dipesisir kulitnya hitam dan wataknya keras (suka berantem). Padahal tidak semua orang yang hidup dipesisir itu demikian, bahkan orang pesisir banyak yang berkulit putih bersih dan lemah-lembut dalam bersikap.

Solusinya:
Berangkat dari dua contoh diatas maka ungkapan/pernyatan yang tepat semestinya sebagai berikut:
Dari contoh Pertama “mahasiswa sukanya demo, dalam demonya bertindak anarkis” ungkapan yang benar menjadi “Sebagian mahasiswa sukanya demo, dalam demonya bertindak anarkis”. Gunakanlah/tambah kalimat “sebagian” atau sejenisnya agar tidak rancu dalam pengertian dan pemahaman.

Dari contoh Kedua “orang pesisir hitam-hitam dan keras-keras” ungkapan yang benar menjadi “sebagian orang pesisir kulitnya hitam karena mereka sebagai nelayan dan keras-keras mungkin karena faktor keturunan”. Jadi bisa disimpulkan bahwa kalau orang pesisir itu ada sebagian (bukan semua) yang berkulit hitam dan keras-keras wataknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

 
 
 
Blue Wings - Handwriting
 
Copyright © GAPURA NEWS